mdjum E-Learning

Polisi dan Organisasi (Stupol)

Pengertian Polisi

Istilah Polisi sepanjang sejarah mempunyai arti yang berbeda-beda, sehingga pengertian Polisi diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Polisi sebenarnya dari perkataan Bahasa Yunani “Politea” yang berarti seluruh Pemerintahan Negara Kota, negara Yunani pada abad sebelum masehi terdiri dari kota-kota saja dan disebut sebagai Negara Kota.
  • Di Negara Belanda pada jaman dahulu Polisi dikenal melalui konsep catur praja dan Van Valenhonen yang membagi pemerinah menjadi 4 (empat) yaitu :

– Bestuur (Pemerintahan)

– Politie (Polisi)

– Rechtspraak dan

– Regeling.

  • Dengan demikian Polisi dalam pengertian ini sudah dipisahkan dari bestur dan merupakan bagian dari Pemerintahan tersendiri, dan dan pada pengertian ini Polisi termasuk organ-organ Pemerintahan yang mempunyai wewenang melakukan pengawasan terhadap kewajiban-kewajiban umum.
  • Charles Reith dalam bukunya berjudul “The Blind Eye Of History” mengemukakan pengertian Polisi dalam bahasa Inggris yaitu “sebagai tiap-tiap usaha untuk memperbaiki atau menertibkan susunan kehidupan masyarakat ” dan pengertian ini berpangkal tolak dari pemikiran bahwa manusia adalah mahkluk sosial, hidup berkelompok dan membuat aturan-aturan yang disepakati bersama.
  • Diantara kelompok-kelompok itu terdapat angota-anggota yang tidak mau mematuhi aturan bersama sehingga timbul masalah siapa yang berkewajiban untuk memperbaiki dan menertibkan kembali anggota kelompok yang telah melanggar, dari pemikiran tersebut kemudian diperlukan Polisi.
  • Didalam Encyclopedia And Social Science (Volume XI-XII, Hal 183) dikemukakan bahwa pengertian Polisi meliputi bidang fungsi, tugas yang luas, yang digunakan untuk menjelaskan berbagai aspek daripada pengawasan keseharian umum. Dengan kata lain Polisi diberikan pengertian sebagai hal-hal yang berhubungan pemeliharaan ketertiban umum dan perlindungan orang serta harta bendanya dari tindakan yang melanggar hukum.
  • Dalam kamus Bahasa Indonesia W.J.S.Poerwodarminto dikemukakan bahwa istilah Polisi mengandung pengertian sebagai berikut : 1. Badan Pemerintahan (kelompok pegawai negeri yang bertugas memelihara keamanan dan memelihara ketertiban umum, 2. Pegawai negeri yang bertugas menjaga keamanan dan menjaga ketertiban umum.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: